Followers

Hidup Sederhana dengan 7 Cara


Di zaman yang serba mahal sekarang ini, hidup sederhana menjadi sebuah pilihan cerdas. Namun, tak banyak orang yang tahu bagaimana melakukannya. Berikut ini adalah 7 tips hidup sederhana yang patut Anda coba.
1. Terapkan gaya hidup sehat. Apa hubungannya hidup sehat dengan kondisi keuangan? Bila Anda sehat, tentu Anda tidak membutuhkan biaya pengobatan atau perawatan jika sewaktu-waktu Anda kena penyakit berat. Karena itu, sebelum kebiasaan begadang, merokok, atau pola makan yang buruk menumpuk jadi penyakit di tubuh Anda, rawat diri Anda baik-baik. Makanlah dengan gizi seimbang, konsumsi multivitamin, minum banyak air putih, latihan secara teratur, dan cukup istirahat.
2. Belajar memasak. Meskipun Anda tidak suka memasak, setidaknya Anda perlu tahu bagaimana memasak sayuran atau daging dengan resep yang sederhana. Bagaimanapun juga, memasak makanan sendiri akan lebih sehat dan lebih murah dibandingkan jajan di luar. Bila Anda cukup mahir memasak, Anda bahkan bisa membuat sendiri jajanan favorit Anda.
3. Berolahraga sendiri di rumah. Tidak harus bergabung dengan pusat kebugaran untuk menjadi sehat. Anda bisa membuka video-video di YouTube untuk mencari program pelangsingan atau pembentukan otot. Simak juga situs-situs yang menawarkan program latihan, sepertiwww.prevention.com, atau www.womenshealthmag.com. Atau, ikut saja aerobik dan jogging di Stadion Utama Senayan. Semuanya gratis!
4. Pinjam-meminjam baju atau barang lain. Bosan dengan pakaian yang lama tidak lantas berarti Anda harus selalu belanja pakaian baru. Bila Anda masih serumah dengan kakak atau adik, Anda bisa meminjam pakaian mereka. Bahkan, Anda bisa membongkar lemari pakaian ibu untuk mencari gaya vintage. Jika Anda tinggal di tempat kos, Anda juga bisa bertukar pakaian dengan teman sekos (tentu dengan kesepakatan bersama). Hal yang sama juga berlaku untuk barang-barang lain, seperti sepatu, tas, peralatan makan, majalah, buku, DVD, CD, dan lain sebagainya. Kalau bisa dapat lungsuran, kenapa harus membeli?
5. Beli motor. Tidak semua orang butuh kendaraan roda empat, apalagi di era Jakarta yang macet di segala waktu saat ini. Tetapi bila naik kendaraan umum sudah tidak ideal lagi, kenapa tak mencoba membeli motor? Anggap saja hal ini sebagai sebuah investasi, karena selanjutnya Anda bisa mendapatkan alat transportasi yang lebih murah dan lebih cepat. Dengan naik motor pun Anda bisa tetap gaya. Berinvestasilah dengan jaket, sepatu, tas, dan helm yang berkualitas!
6. Cari roommate untuk berbagi biaya. Roomate tidak harus seorang teman; saudara juga bisa, bahkan lebih menguntungkan karena sudah saling mengenal. Bila Anda hidup sendiri, Anda bisa mengontrak rumah, apartemen, atau rumah susun, atau berbagi kamar kos yang cukup besar bersama kakak atau teman baik Anda. Biaya listrik atau air bisa dihemat dengan berbagi bersama mereka.
7. Batasi akses hiburan. Semua orang butuh hiburan atau refreshing, tetapi Anda tidak perlu menyambangi mal setiap hari bukan? Untuk memuaskan hobi Anda nonton, Anda bisa menonton film melalui DVD yang dipinjam dari teman. Cara ini bisa mengurangi pengeluaran saat nonton di bioskop, karena Anda pasti ingin membeli popcorn dan soft drink untuk camilan. Bila Anda hobi membaca-baca majalah fashion, gosip, atau gaya hidup, puas-puaskan saja membaca versionline-nya di kantor.

Hidup Sederhana dengan 7 Cara
Anda sedang membaca artikel Hidup Sederhana dengan 7 Cara dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2011/02/hidup-sederhana-dengan-7-cara.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »