Followers

Khasiat Jintan Hitam (Black Seed)








Jintan Hitam (Black Seed) dipercaya berasal dari Mediterania (seputar Laut Tengah), sebelum tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk ke Asia. Bentuknya kecil berserabut, ukurannya tidak lebih dari 3 mm. Jintan hitam termasuk dalam keluarga buttercup (Ranunculaceae). Ada dua jenis tanaman ini, yakni yang berwarna ungu kebiruan dan putih. Orang-orang di tanah Arab telah mengenal Jintan hitam lebih dari 2.000 tahun lalu. Mereka memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, misalnya sakit gigi, flu, nyeri sendi.






Di dalam Islam, herbal ini dikenal dengan nama Habbatussauda.

Dalam agama islam, habbats sudah dikenal sebagai obat bagi berbagai penyakit. Dalam sebuah hadist , Rasulullah SAW mengatakan


“Sesungguhnya, al-Habbatus al-Sawda’ dapat menyembuhkan segala macam penyakit, kecuali As-sam.” Saya bertanya: “Apakah as-sam itu?” Baginda menjawab : ‘As-sam yaitu maut !” ( Riwayat Bukhari ).


Didalam kitab Shahih Bukhari Muslim, Abu Hurairah r.a. berkata bahwa dia pernah mendengar Nabi besar Muhammad S.A.W. bersabda sebagai berikut :





Jintan hitam yang juga dikenal sebagai black car away, black seed, black cumin, shonaiz (Iran), kolonji (Afrika), telah diproduksi dalam bentuk minyak maupun bubuk. Berikut beberapa resep yang ditawarkan Dian Salma dari klinik Dian Kenanga dan herbalis Yellia Mangan:


Bahan: Minyak jintan hitam, air kopi.

Cara: Campur satu sendok teh minyak jintan hitam ke dalam segelas air kopi. Minum 2 kali sehari.


Bahan: 1 mangkuk jintan hitam, 1 mangkuk minyak jintan hitam, 1/2 sendok kulit buah delima.

Cara: Hancurkan semua bahan hingga menjadi bubuk. Ambil setengah sendok ramuan tersebut lalu campur dengan minyak jintan hitam. Minum sebelum sarapan selama sebulan.


Bahan: Minyak jintan hitam

Cara: Teteskan 3-4 tetes minyak jintan hitam ke dalam lubang hidung untuk mengurangi penyumbatan pada hidung.


Bahan: Minyak jintan hitam

Cara: Campur 1 sendok makan minyak jintan hitam dengan semangkuk yoghurt. Minum campuran tersebut 2 kali sehari selama tiga hari.


Bahan : 250 g biji jintan hitam, 250 g madu murni.

Cara: Campur biji jintan hitam dan mafu, aduk sampai rata. Minum 2 sendok makan bersama 1 sendok teh minyaknya setiap hari.


Bahan: Minyak jintan hitam

Cara: Hangatkan sedikit minyak jintan hitam, gosok secara perlahan di bagian tubuh yang terkena rematik. Untuk mempercepat penyembuhan, minum 1 sendok teh minyak jintan hitam 3 kali sehari.


Bahan: Minyak jintan hitam

Cara: Minum 1 sendok teh minyak jintan hitam 2 kali sehari.


Bahan: Biji jintan hitam, bawang putih, air panas.

Cara: Masukkan 1 sendok teh jintan hitam ke dalam air panas dengan 2 ptotong bawang putih. Minum airnya setiap pagi sebelum sarapan.


Bahan: Cuka apel, jintan hitam

Cara: Didihkan 8 ons cuka apel dan 2 sendok teh biji jintan hitam. Ramuan tersebut dipakai untuk kumur-kumur sampai sakitnya hilang.


Bahan: Minyak jintan hitam

Cara: Oleskan minyak jintan hitam di dada dan punggung. Atau campurkan 1 sendok teh minyak jintan hitam ke dalam air mendidih dan hirup uapnya dua kali sehari.


Bahan: 2-3 g biji jintan hitam, masing-masing 10 g daun sambiloto, temulawak, kunyit, temu putih, temu mangga, ciplukan dan meniran.

Cara: Cuci bersih temulawak, kunyit, temu putih, temu mangga, lalu parut. Hasil parutan tadi dicampur dengan ciplukan, meniran, daun sambiloto. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Hancurkan biji jintan hitam hingga halus. Selanjutnya campurkan bubuk biji jintan hitam ke dalam ramuan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas


Minyak jinten ternyata tidak hanya mampu meningkatkan ketahanan tubuh. Dua siswi SMP Al Hikmah Surabaya Zulyana Surimidani dan Shabrina Izazi Anwar menemukan khasiat baru minyak jinten yang mampu meningkatkan kemampuan otak siswa.


Khasiat Jintan Hitam (Black Seed)
Anda sedang membaca artikel Khasiat Jintan Hitam (Black Seed) dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2011/02/khasiat-jintan-hitam-black-seed.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »