Followers

Mantap! Tak Hanya Polisi dan Dokter, Hatta Rajasa Juga Kendalikan Media Massa


C6076a7753899d90dc875bef753ac9f4Hatta Rajasa: kendalikan media? (ist)
itoday - Publik tak bisa melupakan, media massa, apalagi media layar kaca (televisi), selalu heboh jika ada berita negatif menyangkut pejabat negara. 

Bahkan, sebuah peristiwa ketika seorang oknum TNI Angkatan Laut yang memukuli wartawan yang hendak meliput, diekspos videonya berulang-ulang oleh sebuah stasiun televisi swasta. Begitu pula kasus tabrakan maut Xenia dengan tersangka saat itu Afriani, yang notabene orang bisa, diekspos sedemikian hebohnya. 

Tetapi mengapa kasus tabrakan maut yang merenggut dua nyawa manusia dan melibatkan pejabat tinggi negara, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, terkesan sepi dari media?

Pengamat media Gun Gun Heryanto, Menko Perekonimian Hatta Rajasa dan timnya sangat mungkin mengendalikan media agar tidak terlalu mengekspos pemberitaan terkait M Rasyid Amrullah Rajasa. 

"Untuk membatasi sekaligus mengeliminasi dari dampak kasus ini sangat mungkin. Bahwa apa yang dilakukan Hatta Rajasa dengan timnya dalam kasus ini jelas punya muatan politis dengan eksistensinya dirinya untuk capres 2014," kata Gun Gun Heryanto kepada itoday, Jumat (4/1). 

Menurut Gun Gun, jika aktor yang running untuk pemilu atau pilpres dikenai isu negatif seperti kasus menimpa Rasyid Rajasa, Hatta Rajasa akan melakukan news engineering atau rekayasa pemberitaan. "News engineering  tidak mestinya negatif. Kalau tidak melakukan cara-cara pembohongan misalnya konferensi pers itu hal yang lumrah dan itu juga news engineering," papar Gun Gun. 

Kata Gun Gun, news engineering sangat berbahaya jika melakukan manipulasi data dan fakta. 

"Kalau memanipulasi fakta dengan menyuguhkan serangkaian data dan fakta palsu untuk didorong pada khalayak, diamini dan dilegitimasi media akan menjadi kebohongan publik dan berbahaya dalam penyelesaian kasus hukumnya," tegas Gun Gun. 

Gun Gun yakin kubu Hatta Rajasa mempunyai media relations untuk menekan kasus ini tidak diblow-up dalam konteks menjadi opini negatif. "Itu sangat menjadi lumrah jangan sampai media menjadi agen dengan karena pertimbangan bayaran, agak riskan, dan menjadi pertaruhan media yang bersangkutan," pungkas Gun Gun. 

reporter: achsin alqudsy

Read more about Comments by Www.Itoday.Co.Id

Mantap! Tak Hanya Polisi dan Dokter, Hatta Rajasa Juga Kendalikan Media Massa
Anda sedang membaca artikel Mantap! Tak Hanya Polisi dan Dokter, Hatta Rajasa Juga Kendalikan Media Massa dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2013/01/mantap-tak-hanya-polisi-dan-dokter.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »