Followers

8 Search Engine Paling Hot di Tahun 2012


Selama ini mungkin pengguna internet hanya mengetahui bahwa Google, Bing dan Yahoo!  sebagai mesin pencari dunia maya yang terbesar. Namun, ternyata dari penjabaran di  About.com, sampai bulan November ini, ada 8 search engine terbaik yang mungkin dapat  dijadikan alternatif lain untuk mencari informasi di internet.

8 Search engine paling HOT di tahun 2012

Catatan: penghitungan waktu yang tertera di setiap halaman menggunakan handset dari  Nokia. Kecepatan pencarian juga tergantung dari kecepatan internet yang digunakan.

Pada awalnya, Duck Duck Go mirip dengan Google, akan tetapi ada beberapa hal yang  membuat mesin pencari ini berbeda. Semua query pencarian yang dituliskan penggunanya akan langsung ditampilkan di halaman depan. 

Seperti halnya Google, Duck Duck Go juga menawarkan disambiguation prompts. Fitur ini  berfungsi untuk mengklarifikasi query apa yang sebenarnya sedang Anda cari. Fitur  pemblokiran spam iklannya juga tidak kalah dengan yang dimiliki Google.


Mesin pencari bernama Ask ini juga terkadang dikenal dengan nama AJ atau Ask Jeeves. Menurut About.com, mesin pencari bernama Ask ini adalah salah satu search engine tertua yang sampai sekarang masih eksis.

Menu dan fitur pencariannya juga tidak kalah canggih dengan yang dimiliki oleh Google, Bing atau Duck Duck Go. Yang membuat Ask lebih unggul dibandingkan Google atau Bing adalah cara mempresentasikan hasil pencariannya lebih jelas dan mudah dicerna penggunanya.


Beberapa tahun lalu, Dogpile adalah salah satu mesin pencari pesaing Google terberat. Namun, dikarenakan hasil pencariannya yang sering membingungkan penggunanya, maka Google berhasil menjadi raja search engine.

Akan tetapi, setelah melakukan pembenahan di setiap sektor, Dogpile kembali ke dalam dunia mesin pencari untuk merebut posisi atas the best search engine. Menurut About.com, index dan cara presentasi hasil yang dicari penggunanya lebih mudah dicerna dan cepat.

Mesin pencari satu ini awalnya mempunyai nama Clusty. Mungkin bagi pengguna internet yang menginginkan hasil cepat dalam pencarian maka Yippy ini kurang begitu tepat digunakan. 

Yippy adalah search engine yang mencarikan informasi secara terperinci sampai ke dalam 'otak internet'. Oleh karenanya, mesin pencari ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan search engine lainnya.

Namun, apabila Anda ingin mencari informasi yang lebih detail dan tidak dapat diberikan oleh search engine lainnya, makan jawaban satu-satunya adalah bertanya ke Yippy. 


Yandex adalah situs mesin pencari asal Rusia. Awalnya, search engine ini hanya dapat digunakan untuk orang-orang yang berada di Rusia saja karena semua tulisan di halaman utama dan menunya berbahasa Rusia.

Dikarenakan ingin menyaingi Google, maka pengembangnya mulai menambahkan merambah cakupan lebih luas yaitu dunia. Tidak hanya itu saja, Yandex juga dikabarkan telah merilis browser baru mereka di awal Oktober lalu.

Walaupun tidak banyak tools seperti yang terdapat di Bing, Yahoo! atau Google, namun dari segi kecepatan pencarian data, Yandex juga dapat diandalkan.


6. Yahoo!
Boleh dikatakan, untuk saat ini, Yahoo! adalah mesin pencari ketiga paling populer dan  banyak digunakan oleh pengguna internet. Tidak hanya menawarkan jasa pencarian  informasi secara detail saja, Yahoo! juga menawarkan segudang produk dan fitur menarik di halaman utama mesin pencarinya.

Situs mesin pencari ini terintegrasi penuh dengan produk besutannya seperti Yahoo!  Mail, Yahoo! Messenger dan banyak lagi.


7. Bing
Untuk saat ini, Bing dapat dikatakan sebagai kompetitor utama Google. Microsoft  menggunakan Bing sebagai alat pencari bagi MSN. Cara proses pencarian keywordnya juga tidak kalah dengan apa yang ditawarkan Google.

Ketika penggunanya mulai menuliskan keyword atau kata yang dicari, maka secara cepat Bing akan memberikan hasil berupa informasi disertai dengan suggestion (saran lain) di kolom sebelah kiri. Bing juga memiliki beragam fitur di bagian atas. 

Seperti halnya Google, Bing juga terintegrasi dengan produk Microsoft lain seperti MSN  dan Hotmail.


Nah, ini dia rajanya mesin pencari sampai saat ini. Ketika terhubung dengan internet  dan ingin mencari sesuatu, banyak pengguna internet yang langsung mengakses Google. Nama Google sendiri juga semakin terkenal dengan keberhasilan produk operating system Android besutannya yang digunakan oleh banyak vendor mobile.

Dengan beragam fitur dan fasilitas yang ditawarkannya, membuat banyak pengguna  internet enggan menggunakan search engine lain. Terdapat fitur menarik seperti Google Maps, Google Analytics, Google Images dan banyak lagi di dalamnya.

via: merdeka.com








8 Search Engine Paling Hot di Tahun 2012
Anda sedang membaca artikel 8 Search Engine Paling Hot di Tahun 2012 dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2012/11/8-search-engine-paling-hot-di-tahun-2012.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »