Followers

10 Wisata Paling Terkenal Dengan Kawah Gunung Berapi


Kawah gunung berapi yang sudah punah dan pasif biasanya membentuk lingkaran atau cekungan di tanah yang disebabkan oleh aktivitas vulkanis kuno. Dengan tidak adanya aktivitas dari gunung berapi dan berjalannya waktu ribuan tahun.

10 Wisata Paling Terkenal Dengan Kawah Gunung Berapi

kawah-kawah ini  sebagian besar mengalami banyak perubahan yang disebabkan oleh faktor-faktor atmosfer dan manusia. Kerucut vulkanik tidak biasa dan indah, jejak aktivitas manusia, vegetasi subur dan danau kawah berwarna-warni adalah alasan utama mengapa banyak wisatawan mengunjungi tujuan yang luar biasa ini. Berikut tempat wisata kawah bekas gunung berapi yang terkenal di dunia :

1. Diamond Head, Hawaii, USA

Diamond Head, Hawaii, USA

Diamond Head adalah nama kerucut yang terbuka dari gunung vulkanik di pulau Hawaii Oahu. Namanya diberikan oleh pelaut Inggris di abad ke-19, yang mengira adanya kristal kalsit tertanam dalam batu berlian. Kawah ini merupakan ciri dari pantai Waikiki. Kerucut gunung vulkanik merupakan monument dari Amerika Serikat. Didalam kerucut saat ini difungsikan sebagai tempat antena yang digunakan oleh pemerintah AS dan ditutup untuk umum. Hanya fasilitas Garda Nasional tetap di kawah dan  Sebuah kontrol lalu lintas udara FAA pusat telah beroperasi 1963-2001.

2. Kelimutu, Indonesia

Kelimutu, Indonesia

Kelimutu adalah gunung berapi, dekat kota kecil Moni, Pulau Flores di Indonesia. Gunung berapi ini berisi tiga danau kawah puncak mencolok dari berbagai warna. Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua) biasanya biru dan merupakan paling barat dari tiga danau. Dua lainnya danau, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (Danau anak- anak atau gadis) dan Tiwu Ata Polo (danau para pendosa) dipisahkan oleh dinding kawah dan biasanya berwarna hijau atau merah. Warna danau bervariasi secara periodik. Kemungkinan penyebabnya akibat dari reaksi kimia yang dihasilkan dari mineral terkandung dalam danau yang mungkin dipicu oleh aktivitas gas gunung berapi. Tidak seperti danau kawah lain di mana variasi warna dapat diprediksi, hal ini tidak terjadi dengan ketiga danau. Warna yang Anda lihat di sini adalah biru, hijau dan hitam (dan mereka mendominasi) namun danau juga bisa  berubah menjadi putih, merah dan biru.

3. Kawah di Rocas Bainbridge, Galapagos Islands, Ekuador

Kawah di Rocas Bainbridge, Galapagos Islands, Ekuador

Ini pulau yang indah terletak di Rocas Bainbridge – rantai kerucut vulkanik di lepas pantai tenggara Pulau Santiago, Galapagos. Danau berarna  Turquoise terletak di kawah gunung berapi yang sudah punah kini adalah sebuah danau air asin dangkal. Danau ini adalah tempat pertemuan bagi sejumlah besar flamingo, yang datang untuk mencari makan.

4. Kawah Xico, Meksiko


Gunung berapi Xico berada di ujung selatan megalopolis Mexico City. Untuk sepotong geologis waktu yang signifikan, daerah ini berada di bawah air, tenggelam oleh Danau Chalco. Danau mulai mengering di tahun 1300-an, dan nelayan Aztec menetap di sepanjang garis pantainya. Pada abad kesembilan belas, pemerintah menguras danau seluruhnya, para nelayan diberikan hibah tanah pertanian. Tanah Pertanian menjadi terkenal di tahun 1970-an, ketika perusahaan perkebunan lokal dan petani memperebutkan lahan. Petani berusaha melawan penawaran ilegal atau kuasa-hukum dengan organisasi komunal dan kontrol dari usaha merebut tanah vulkanik yang kaya. Kota Xico yang tergeletak sampai ke tebing kawah Xico  sekarang dihuni oleh 330.000 orang.

5. Kawah Molokini,. Hawaii, USA

Photobucket

Molokini adalah berbentuk kawah bulan sabit, kawah gunung berapi yang sebagian tenggelam membentuk pulau kecil yang terletak di Channel Alalakeiki antara Pulau Maui dan Kahoolawe, bagian dari Maui County di Hawaii. Pulau  ini memiliki luas 23 hektar (93.169 meter persegi),. Diameter dari sekitar 0,4 mil (0,6 km), dan terletak sekitar 2,5 mil (4,0 km) barat dari Makena State Park dan selatan Maalaea Bay. Ini adalah tujuan wisata populer untuk wisata air dan menyelam. Tempat ini adalah salah satu dari 10 tempat terindah untuk kegiatan menyelam di dunia. Berbentuk bulan sabit , pulau Molokini yang melindungi penyelam dari gelombang dan arus yang kuat saluran. Kawah rumah karang subur dengan visibilitas yang sangat baik sedalam 150 kaki (46 m). Molokini adalah rumah bagi sekitar 250 spesies ikan dan konservasi burung.

6. Kawah Seongsan Ilchulbong, Korea Selatan       


Seongsan Ilchulbong, juga disebut ‘Puncak Sunrise’, merupakan kerucut terbuka yang  dibentuk oleh letusan hydrovolcanic di dasar laut yang dangkal sekitar 4 ribu tahun yang lalu. Terletak di pesisir timur Pulau Jeju menyerupai kastil kuno raksasa. Kawah terbuka memiliki tinggi  182 (600 ft) tinggi menampilkan struktur benteng tebing laut. Fitur-fitur ini dianggap berharga bagi  geologi, karena memberikan informasi mengenai proses letusan gunung berapi dan pengendapan hydromagmatic di seluruh dunia serta aktivitas gunung berapi masa lalu. Ini kawah gunung berapi memiliki vegetasi subur dan merupakan rumah bagi 6 spesies tanaman langka.

7. Kawah Nabiyotum Crater, Kenya

Photobucket

Kawah Nabiyotum ini terletak di bagian selatan Danau Turkana di Kenya – danau alkali di dunia. Karena penampilan yang indah dan tidak biasa, kawah ini merupakan keajaiban geologi dari danau.

8. Kawah Aogashima, Jepang


Aogashima adalah sebuah pulau vulkanik Jepang di Laut Filipina, dikelola oleh Tokyo dan terletak sekitar 358 kilometer (222 mil) selatan Tokyo. Ini adalah pulau berpenghuni selatan dan paling terisolasi di kepulauan Izu. Daya tarik terbesar adalah gunung berapi ganda Aogashima itu sendiri. Pulau itu sendiri terbentuk dari kawah gunung berapi raksasa, dan dalam kawah terdapat gunung berapi lain, yang lebih kecil.  Aogashima adalahplau  kompleks vulkanik sepanjang  3,5 km (2,2 mil) dan  lebar maksimum 2,5 km (1,55 mil). Pulau ini dikelilingi oleh tebing terjal sangat curam hasil dari lelehan vulkanik berlapis. Pantai selatan juga naik ke punggung bukit yang tajam membentuk salah satu tepi kaldera bernama Ikenosawa dengan diameter 1,5 km (0,9 mil). Kaldera mendominasi pulau, dengan satu titik di punggungan selatan, Otonbu dengan ketinggian 423 meter (1.388 kaki), sebagai titik pulau tertinggi. Kaldera ini ditempati oleh kerucut sekunder bernama Maruyama. Desa Aogashima adalah desa yang mengelola pulau di bawah Hachijo Subprefecture Metropolis Tokyo. Pada 2009, penduduk pulau itu tercatat 205 jiwa. Aogashima juga dalam batas-batas dari Taman nasional Fuji-Hakone-Izu.

9. Kawah Santa Margarida Volcano, Spanyol

Photobucket

Kawah Volcano Santa Margarida adalah gunung berapi di Comarca Garrotxa, Catalonia, Spanyol. Gunung berapi ini memiliki perimeter 2 kilometer (1,25 mil) dan ketinggian 682 meter (2,240 ft) dan merupakan bagian dari Taman vulkanik Garrotxa Zona Alam. Pertapaan Santa Margarida –  asal tempat ini diberi nama, adalah di dalam kawah gunung berapi. Bangunan ini dihancurkan pada tahun 1428 saat gempa Catalonia  tahun 1428 dan dibangun kembali pada tahun 1865. Terletak di tengah-tengah gunung berapi aktif di Catalonia, kawah tampaknya membuka untuk  sebuah gubuk batu kecil. Tidak ada bangunan tunggal di daerah lain, hanya pertapaan. Tercakup dalam vegetasi padat pada semua sisi, gubuk yang aneh terletak di lahan kering datar di tengah formasi. Daerah ini terkenal dengan zona vulkanik dan secara teratur dikunjungi, tapi ada hampir tidak ada informasi mengenai pertapaan. Wisatawan hanya bisa berharap melihat sisa gunung berapi.

10. Kawah Koko Crater, Hawaii, USA

Photobucket

Koko Crater adalah kerucut cinder besar yang secara visual mendominasi daerah Kepala Koko – Tanjung yang menandai  sisi timur Maunalua Bay sepanjang sisi tenggara Pulau Oahu di Hawaii. Dalam kawah adalah kandang kuda dan Koko kawah Botanical Garden yang mengkhususkan diri dalam kaktus dan succulents Botanical garden memiliki luas 60 hektar. Iklim,yang panas dan kering membuat taman ini lokasi yang ideal untuk koleksi lahan kering dari Botanical Gardens Honolulu.

via: forum.kompas.com

10 Wisata Paling Terkenal Dengan Kawah Gunung Berapi
Anda sedang membaca artikel 10 Wisata Paling Terkenal Dengan Kawah Gunung Berapi dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2012/12/10-wisata-paling-terkenal-dengan-kawah.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »