Followers

5 Foto Palsu Topan Sandy Yang Menggegerkan


Saat Topan Sandy menerjang wilayah Pantai Timur AS, termasuk New York yang padat, orang-orang menggunakan media sosial dan internet untuk menerima dan mengirim informasi tentang peristiwa badai yang disebut paling dahsyat dalam 100 tahun terakhir.

Seperti halnya yang terjadi saat bencana melanda, khususnya di era dijital ini, foto-foto yang menggambarkan kedahsyatan Sandy menyebar di dunia maya. Namun sayang, tak semua informasi juga foto nyata adanya, beberapa di antaranya palsu atau direkayasa. 

Berikut 5 foto palsu paling tenar yang beredar di internet selama Sandy menerjang dan memporakporandakan apapun yang ia lewati. 

1. Awan mengerikan di atas Patung Liberty

Foto palsu topan Sandy

Foto palsu awan mengerikan di atas Patung Liberty menyebar di situs jejaring sosial, Twitter. Meski masih kalah mengerikan dengan adegan di Film Independence Day. Foto tersebut direkayasa menggunakan Photoshop, dengan cara menggabungkan foto Pelabuhan New York dengan foto awan badai yang melanda Nebraska tahun 2004 lalu, yang diambil oleh Mike Hollingshead.

2. Makam tentara tak dikenal

Foto palsu topan Sandy

NPR men-tweet dan memposting foto tiga tentara yang menjaga Makam Prajurit Tak Dikenal di tengah badai, di Arlington National Cemetery. Dan menyebutnya sebagai, "salah satu foto paling menakjubkan yang bisa dijumpai saat ini". 

Namun foto itu nyatanya diambil September lalu. NPR lalu mengklarifikasi lewat blognya, bahwa foto tersebut "tidak diambil selama Sandy menerjang". Washington Post, Daily Beast, Talking Points Memo dan sejumlah media lain juga memuat foto yang sama lalu mengklarifikasinya.

3. Awan menakutkan mengancam Empire State Building

Foto palsu topan Sandy

Foto ini beredar di Twitter dan Facebook, serta media sosial lain. Meski foto ini nyata, namun tidak diambil saat Sandy melanda. Melainkan foto yang pernah dimuat dalam Wall Street Journal pada 2011.

4. Gelombang menerjang Patung Liberty

Foto palsu topan Sandy

Ini tidaklah nyata. Melainkan wallpaper dari film The Day After Tomorrow.

5. Awan hitam menutupi Jembatan George Washington

Foto palsu topan Sandy

Awan gelap dan menakutkan menutupi landmark Kota New York. Gambar ini seolah nyata diambil saat Sandy "mengamuk", padahal faktanya foto itu diambil pada tahun 2009. 

sumber: viva.co.id

5 Foto Palsu Topan Sandy Yang Menggegerkan
Anda sedang membaca artikel 5 Foto Palsu Topan Sandy Yang Menggegerkan dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2012/10/5-foto-palsu-topan-sandy-yang.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »