Followers

Foto-Foto Astronomi Terbaik Tahun 2012


Foto-Foto Astronomi Terbaik Tahun 2012

Berbagai fenomena di alam semesta kebanyakan terjadi secara natural. Beberapa dari fenomena-fenomena tersebut mampu membuat kita kagum karena terlihat seperti mahakarya yang megah. Dalam dunia Astronomi, penampilan berbagai objek di permukaan bumi maupun di luar angkasa membentuk konfigurasi yang sangat indah. Dan seringkali kejadian seperti ini tertangkap oleh kamera. Berikut adalah beberapa Foto Astronomi Terbaik tahun 2012:

1. Galaksi Whirpool

Foto-Foto Astronomi Terbaik Tahun 2012

Yang anda lihat di atas bukanlah badai, bukan juga lukisan, melainkan sebuah Galaksi yang menyerupai pusaran air yang disebut dengan Galaksi Whirlpool. Pada gambar ini lengan spiral dari Galaksi Whirlpool mengenai cahaya dari Galaxi lainnya. Karena terletak sangat jauh dari bumi, yaitu sekitar 20 juta tahun cahaya, tidak mungkin bagi kita untuk melihatnya lebih dekat lagi. Namun dari foto kita bisa mengetahui bahwa galaksi tersebut pasti akan sangat indah dari dekat. Bintang-bintang baru terlihat berwarna biru sedangkan warna-warni pada lengan Galaksi Whirlpool disebabkan oleh konsentrasi gas hidrogen.

2. Aurora

Foto-Foto Astronomi Terbaik Tahun 2012

Aurora memang selalu terlihat indah tidak peduli dimana letak kemunculannya. Namun aurora yang tampak pada gambar di atas merupakan salah satu foto Astronomi terbaik tahun 2012. Aurora ini muncul di Norwegia, tepatnya di Nordland Fylke. Aurora tipe borealis ini terjadi karena angin surya berhembus kencang dan bertubrukan dengan medan magnet. Reaksi ini menyebabkan elektron bergerak dengan cepat kemudian bertubrukan dengan nitrogen dan oksigen sehingga terbentuklah cahaya indah ini. Warna cahaya biasanya sesuai dengan jenis gas di sekitarnya. Menurut fotografernya, Arild Heitmann, tangkapan foto ini memberikannya kesan yang mendalam.

3. Rangkaian Bintang

Foto-Foto Astronomi Terbaik Tahun 2012

Foto yang diambil oleh Tunç Tezel ini juga merupakan salah satu foto Astronomi terbaik tahun ini. Foto tersebut diambil di Uludag National Park di Turki. Sebelumnya ia hanya ingin melihat bulan dan planet malam. Namun apa yang ia lihat melebihi harapannya. Sebuah rangkaian bintang yang luas di galaksi bima sakti membentuk formasi yang sangat indah. Seperti terlihat pada gambar, kelompok bintang tersebut terlihat sangat banyak dan memenuhi angkasa.

4. Venus dan Matahari

Foto-Foto Astronomi Terbaik Tahun 2012

Menurut anda gambar apakah ini? Bola pingpong? Bukan… Gambar yang anda lihat ini adalah matahari. Fenomena ini wajib dimasukkan dalam foto Astronomi terbaik tahun 2012 karena melibatkan sebuah kejadian yang sangat jarang terjadi, yaitu Venus berjalan melewati bumi dan matahari. Kejadian ini terjadi pada Juni 2012 dan baru akan terjadi lagi pada tahun 2117. Pada gambar planet Venus terlihat sangat kecil dibandingkan dengan matahari. Bagian yang terlihat seperti titik hitam di kanan atas itulah Venus. Paul Haese, fotografer dari foto ini mengatakan bahwa pada pagi yang cerah ia keluar untuk meneliti matahari dan mendapati pemandangan yang menakjubkan ini.

Foto-Foto Astronomi Terbaik Tahun 2012
Anda sedang membaca artikel Foto-Foto Astronomi Terbaik Tahun 2012 dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2012/10/foto-foto-astronomi-terbaik-tahun-2012.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »