Followers

Orang Indonesia Pembuat Radio Kayu Magno yang Mendunia



Anda pasti sering mendengar radio bermerek seperti Sony, Aiwa, Philips, dan merek-merek elektronik lain buatan luar negeri. Namun, pernahkah Anda mengenal radio bermerek Magno?

Sebagai merek radio, Magno sudah cukup dikenal di Jepang, Jerman, dan AS. Tapi tahukah Anda kalau radio bermerek Magno ini merupakan produk lansiran dalam negeri.

Singgih Susilo Kartono adalah seorang pembuat radio kayu dan kerajinan tangan di Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah. Singgih adalah sosok yang mewakili berkembangnya kesadaran bahwa batas negara dan daya tarik kota besar makin tak relevan sebagai determinan berkembangnya industri kerajinan. Internet memungkinkan Singgih memasuki pasar dunia.


Awalnya Singgih mendesain radio kayu adalah ketika ia membuat karya akhirnya saat ia kuliah di seni rupa ITB. Pada mulanya Singgih hanya membuat rangka atau kemasan, sedangkan untuk peralatan elektronik di dalamnya, ia mengambil peralatan Panasonic yang ia beli di toko, dengan alasan memenuhi syarat ketat ramah lingkungan untuk pasar ekspor. Hingga suatu waktu ia bertemu dengan Pak Rachmat Gobel (Preskom Panasonic Indonesia) pada pameran produksi ekspor.

Sejak saat itu Singgih tidak membeli radio di toko untuk kemudian dipreteli, ia kini membeli langsung peralatan elektronik dari Panasonic. Dari situlah Singgih mulai serius merancang dan memasarkan Magno.

Singgih pernah mendapat pesanan 10.000 unit radio kayu senilai Rp 4,9 miliar dari rekanannya di AS. Sayang, kapasitas produksi “pabrik” Singgih, yaitu Piranti Works, belum memadai. Meskipun begitu Singgih mengaku senang, karena itu artinya konsep radio kayunya diterima dan mendapat kepercayaan internasional.

Radio kayu bermerek Magno itu juga pernah beberapa kali memenangkan penghargaan, seperti, lomba desain di Seattle, AS, tahun 1997, yang membuat seorang desainer Jepang tertarik dan mempopulerkan produk ini sejak 2004.
Radio ini juga menjadi pemenang Good Design Award 2008 di Jepang untuk kategori Innovation/Pioneering & Experimental Design.

Magno masuk nominasi untuk Grand Awards untuk Desain for Asia Award yang digelar di Hongkong. Pada 19 Maret 2009, Magno memenangkan Brit Insurance Design Award 2009 untuk kategori produk .

Untuk harga per unit, Magno dijual dengan harga 49-56 USD di AS, di Jepang dijual 17.500 yen dan di Jerman 160-240 euro. Di dalam negeri Magno diberi harga Rp 1,1 juta-Rp 1,3 juta per unit. Agak mahal, karena menurut Singgih, Magno merupakan benda koleksi yang personal, bukan komoditas.


sumber: kompas

Orang Indonesia Pembuat Radio Kayu Magno yang Mendunia
Anda sedang membaca artikel Orang Indonesia Pembuat Radio Kayu Magno yang Mendunia dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2012/10/orang-indonesia-pembuat-radio-kayu.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »