Followers

4 Artis yang Pernah Sesumbar Kepengen Nyapres


Setiap menjelang Pilpres, selalu ada saja orang-orang yang berniat menjadi calon presiden. Bukan hanya dari kalangan politikus dan pengusaha, para artis pun ada yang ngebet menjajal kursi politik nomor satu di negeri ini: presiden.

4 Artis yang pernah sesumbar kepengen nyapres

Entah serius atau tidak dalam mencalonkan diri, yang jelas para artis ini pernah menyatakan kepada publik bahwa mereka siap berlaga untuk memperebutkan kursi presiden. Sebut saja, raja dangdut Rhoma Irama yang menyatakan siap nyapres di 2014 karena mendapat dukungan dari sejumlah ulama.

Bagi sebagian kalangan, pernyataan artis yang siap nyapres kurang realistis mengingat mereka tidak punya kendaraan parpol. Apalagi, belum pernah ada presiden di negeri ini yang berasal dari kalangan artis.

Berikut empat artis yang pernah menyatakan siap nyapres:

1. Rhoma Irama


Raja Dangdut ini akhirnya menyatakan siap maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2014 mendatang. Pernyataan itu adalah respons atas dukungan sebelumnya yang disampaikan para ulama yang tergabung dalam Wadah Silaturahim Asatidz, Tokoh dan Ulama (Wasiat Ulama).

"Insya Allah dengan bismillah saya siap dicalonkan jadi Presiden Indonesia pada 2014," ujar Rhoma saat berceramah dalam pengajian rutin Majelis Takli, Al Habib Ali Al Habsyi Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (11/11).

Politik bukan dunia baru bagi pria bernama lengkap Raden Oma Irama ini. Di masa awal Orde Baru, ia sempat menjadi maskot penting PPP, setelah terus dimusuhi oleh Pemerintah Orde baru karena menolak untuk bergabung dengan Golkar.

Rhoma sempat tidak aktif berpolitik untuk beberapa waktu, sebelum akhirnya terpilih sebagai anggota DPR mewakili Utusan Golongan yakni mewakili seniman dan artis pada tahun 1993. Pada pemilu setelah reformasi, Rhoma Irama juga pernah tampil di panggung kampanye Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bintang Reformasi (PBR).

2. Ratna Sarumpaet


Seniman teater ini pernah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon presiden 2009. Acara deklarasi Ratna diselenggarakan di Galery Cemara, Jakarta, Rabu 22 Juli 2008, malam hari.

Dalam orasi politiknya, Ratna bicara soal Indonesia yang menurutnya tidak punya harga diri. Banyak aset rakyat yang dijual ke pihak asing. Hal ini membuat Ratna gelisah dan berniat memimpin negeri ini. Namun, rencana Ratna itu kandas karena tidak ada parpol yang mendukungnya.

Ibunda artis Atiqah Hasiholan ini memang lebih terkenal sebagai aktivis politik, ketimbang dalam politik praktis. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa perempuan 63 tahun itu turut serta membidani lahirnya PAN di awal reformasi.

Pada kampanye Pemilu 1997 menjelang jatuhnya Orde Baru, Ratna bersama kelompok teaternya bergabung dengan kampanye Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

3. Deddy Mizwar


Sutradara kawakan ini pernah mendeklarasikan diri siap maju di Pilpres 2009 bersama Mayjen (Purn) Saurip Kadi. Acara deklarasi yang bertajuk �Refleksi Politik Jenderal Nagabonar' itu digelar di Taman Ismail Marzuki 27 Februari 2009. Pasangan menyatakan maju untuk menyelamatkan suara golput.

Selain sebagai sutradara dan pemain film, pria 57 tahun ini juga dikenal sebagai budayawan sekaligus aktivis politik. Bersama sejumlah rekannya, dia kerap mengkritik pemerintah SBY.

Kini Si Jenderal Naga Bonar benar-benar terjun ke politik praktis, dengan menjadi pasangan cagub incumbent Jabar, Ahmad Heryawan (Aher) dalam Pilgub Jawa Barat Februari tahun depan. Aher-Deddy didukung oleh sejumlah partai Islam, seperti PKS, PPP dan PBB.

4. Anwar Fuady


Artis kawakan sinetron Indonesia ini juga pernah berniat mencalonkan diri menjadi Presiden 2004. Saat itu, dia mendaftarkan diri dalam Konvensi Capres Partai Golkar, inovasi politik Ketua Umum Akbar Tandjung. Namun, mantan ketua Persatuan Artis Sinetron Indonesia (PARSI) itu gagal.

Dalam Pemilu berikutnya pada 2009, dia bergabung dengan Hanura. Di partai besutan Wiranto itu, Anwar ketika itu menjadi salah seorang pengurus.

sumber: merdeka.com

4 Artis yang Pernah Sesumbar Kepengen Nyapres
Anda sedang membaca artikel 4 Artis yang Pernah Sesumbar Kepengen Nyapres dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2012/11/4-artis-yang-pernah-sesumbar-kepengen.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »