Followers

Menjelajahi Kehidupan Lain Dengan Mikroskop Elektron


Mikroskop Elektron digunakan untuk membantu para ilmuwan memahami kehidupan disekitar kita yang tidak dapat dilihat secara kasat mata atau kehidupan pada ukuran nano.

Electron Microscope Photo

Sebuah mikroskop elektron menggunakan sinar elektron untuk menerangi spesimen dan menghasilkan suatu gambar yang telah diperbesar. Memiliki tingkat kekuatan lebih besar dari pada mikroskop cahaya optik, karena sinar elektron memiliki panjang gelombang sekitar 100.000 kali lebih tipis daripada cahaya visible (photons). Mikroskop elektron digunakan untuk mengamati berbagai spesimen biologi dan anorganik termasuk mikro organisme, sel, molekul, sampel biopsy, logam dan kristal. Pada industri, alat ini sering digunakan untuk pengendalian kualitas dan analisa kegagalan.

Electron Microscope Photo

Foto-foto berikut ini diambil dari artikel yang berjudul “Peering Into Micro World” yang dipublikasikan oleh The Big Picture dan kumpulan foto-foto dari FEI, sebuah perusahaan di bidang teknologi mikroskop elektron. Sebagai perbandingan, ukuran satu mikron adalah sepersatu juta meter, rambut manusia memiliki ukuran sekitar 100 mikron.

 Electron Microscope Photo

Foto dari Presiden A.S Barrack Obama, yang masing-masing dibuat dalam ukuran sekitar 500 mikron dengan menggunakan 150 juta carbon nanotube, diambil oleh tim dari Michigan University Mechanical Engineering Department yang juga dirilis oleh Reuters, 10 November 2008. (REUTERS/John Hart, Sameh Tawfick, Michael De Volder, and Will Walker/University of Michigan/Handout).

“Squid Sucker”, pemenang Honorable Mention, sebuah penghargaan internasional di bidang visualisasi sains pada tahun 2008. Loligo Pealei, nama hewan ini, memiliki delapan lengan dan dua tentakel, dengan mulut penghisap sejajar dengan taring. Hewan penghisap ini memiliki diameter sekitar 400 mikron. (Courtesy of Jessica D. Schiffman and Caroline L. Schauer; Drexel University).

Electron Microscope Photo 

Foto jarak dekat dari serangga Weevil (keluarga Curculionidae). Memiliki lebar mulut 100 micron. (Dartmouth Electron Microscope Facility/Dartmouth College)


Electron Microscope Photo

Foto dari daun pohon Walnut Hitam. Foto ini menunjukkan bagian dari potongan daun, terlihat lapisan epidemis, lapisan mesophyll dengan sel palisade dan pembuluh darah. Tonjolan di tengah foto memiliki panjang setinggi 50 mikron. (Dartmouth Electron Microscope Facility/Dartmouth College).


Electron Microscope Photo

Sebuah Sistem Microelectromechanical (MEMS) serangkaian gear train pada silicon. Gear terbesar yang terletak di tengah berukuran lebar 80 mikron. (Institute of Micromachine and Microfabrication Research at Simon Fraser University).


Electron Microscope Photo

Microalgae dilihat dibawah mikroskop electron (A. Stuhr/ IFM-GEOMAR) 


Electron Microscope Photo

Rime on a columnar snow crystal. Pertemuan antara kristal salju dan tetesan air yang sangat dingin di udara menghasilkan tetesan air beku ke permukaan kristal. Hasil pengamatan ini menunjukkan tetesan dengan ukuran hingga 50 mikron pada permukaan kristal. (Agricultural Research Service, United States Department of Agriculture).


Electron Microscope Photo

Pada perbesaran 94x, foto hasil scanning mikroskop elektron ini adalah ujung dari kaki kumbang figeater dewasa. Kaki serangga terdiri dari berbagai macam segments, termasuk pretarsus, yang terlihat dalam bentuk cakar dan empodium berduri. (CDC/Janice Carr).


Electron Microscope Photo

Caterpillar 30x Magnification (5mm width). Photograph by OLIVER MECKES


Electron Microscope Photo

Microcrack after bending test. Photograph by MARTINA DIENSTLEDER / FEI


Electron Microscope Photo

Spiders Head. Photograph by OLIVER MECKES / FEI


Electron Microscope Photo

DLP Nano Mirrors. Photograph by REGINO SANDOVAL / FEI


Electron Microscope Photo

Water Mite. Photograph by NICOLE OTTAWA / FEI


Electron Microscope Photo

Hydrothermal worm. Photograph by PHILIPPE CRASSOUS / FEI


Electron Microscope Photo


via: mobgenic.com

Menjelajahi Kehidupan Lain Dengan Mikroskop Elektron
Anda sedang membaca artikel Menjelajahi Kehidupan Lain Dengan Mikroskop Elektron dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2012/11/menjelajahi-kehidupan-lain-dengan.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »